Taman Nasional Alas Purwo sebagai Habitat Banteng dan Merak

Peta Lokasi Alas Purwo

Taman Nasional yang terletak di Jawa Timur  kota  Banyuwangi-Pasaranyar 65 km, dan Pasaranyar-Trianggulasi 12 km menggunakan mobil. Perjalanan di tempuh selama 8 Jam dari kota Malang lelah tapi sangat terbanyar dengan  apa yang ada disediakan di Taman Nasional ini.

Taman Nasional yang merupakan habitat dari berbagai satwa seperti Lutung Jawa (Trachypithecus auratus auratus), Banteng (Bos javanicus javanicus), Ajag (Cuon alpinus javanicus), Burung Merak (Pavo muticus), Ayam hutan (Gallus gallus), Rusa (Cervus timorensis russa), Macan tutul (Panthera pardus melas), dan Kucing Bakau (Prionailurus bengalensis javanensis). Satwa langka dan dilindungi seperti penyu lekang (Lepidochelys olivacea), penyu belimbing (Dermochelys coriacea), penyu sisik (Eretmochelys imbricata), dan penyu hijau (Chelonia mydas).

Selain menjadi habitat satwa liar,di sebelah selatan dari TN Alas Purwo terdapat pantai yang terkenal dengan G-Land nya. Mengapa disebut seperti itu, karena pantai ini terdapat di  Teluk Grajagan yang menyerupai huruf G. Ataupun letak Plengkung berada tidak jauh dari hamparan hutan hujan tropis yang terlihat selalu hijau (green-land) yang merupakan tempat lokasi terbaik di dunia jika disejajarkan dengan dengan lokasi surfing di Hawai, Australia, dan Afrika Selatan.

Wisata Pantai Plengkung atau G-Land

Berbalik arah dari pantai Plengkung, anda dapat menikmati wisata Pantai Trianggulasi yang menyediakan cottage dan dapat menikmati sunset disana dengan pasir putih dan laut yang jarang terdapat karangnya. Berjalan ke arah barat sekitar 5 km kita dapat menikmati juga wisata pantai yang merupakan tempat pendaratan dan pengembang biakkan Penyu Lekang (Lepidochelys olivacea)

Realese Penyu Lekang di Pantai Ngagelan

Selain wisata pantai yang mempeseona tak ketinggalan juga wisata Sadengan yang menyediakan padang rumput savana yang menyediakan satwa – satwa liar seperti Banteng (Bos javanicus javanicus), Merak (Pavo muticus) dan masih banyak lagi. Di Sadengan anda disediakan pos pengamatan untuk melihat lebih jelas tingkah pola sang satwa. Dan anda dibuat terkejut betapa akur nya mereka saat mereka berada di dalam satu ‘rumah’ yang notabene Banteng adalah hewan buas yang kita ketahui. Wisata mangrove juga tesedia disini.  Yang banyak terdapat burung – burung air hingga terlihat para nelayan yang banyak berasal sari desa sekitar Alas Purwo tampak timbul tenggelam mencari kerang atau kepiting yang terdapat disela – sela rimbunnya hutan mangrove yang letaknya di Segara Anakan ini untuk dapat mengelilingi hutan ini. Anda dapat menyewa long boat tradisional lengkap dengan guidenya .

Banteng (Bos javanicus)

Pos Pengamatan Sadengan

Masih banyak lagi tempat wisata yang disediakan disini seperti Goa Istana dan Pura Giri Salaka yang ‘tumplek bleg’ di satu Taman Nasional Alas Purwo. Dan hanya mengeluarkan ‘kocek’ 500 ribu anda akan dimanjakan di sini.

Petualangan belum berakhir….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: