“Berburu” Gelatik Jawa di Tengah Kota

Pagi itu Minggu 27 Juni 2010, 12 birdwatcher  bertandang ke pusat kota Malang bukan rekreasi atau besenang – senang kita datang dengan satu tujuan “Berburu Gelatik Jawa”. Dengan beribu ribu rasa penasaran untuk melihat Gelatik Jawa (Padda oryzivora) di Alun – alun Malang hingga berjalan di Balai Kota Malang.

Pagi hingga siang hari cuaca disekitar Kota Malang tampak cerah, burung – burung banyak berkicauan di pohon – pohon beringin dan bunga yang tumbuh di sekitar Alun – alun Kota Malang. Biar matahari terik saat itu tapi semangat para watcher tak menyurutkan untuk mencari Gelatik Jawa di alam. Tapi sangat sayang sekali, sudah berjalan dari alun-alun Malang hingga Balai Kota Malang tak menemukan Gelatik Jawa, (benar – benar sudah punah di alam ??). Saking penasarannya kita kembali ke Kantor Pemkab Malang untuk memastikan apakah ada sekelompok Gelatik Jawa yang tersisa di alam. Ternyata hasilnya kita menemukan hanya 3 ekor saja Gelatik Jawa di Kantor Pemkab Malang, So exscited…tak jarang orang melihat Gelatik Jawa di alam yang konon sudah menurun drastis populasinya.

Burung gelatik jawa memiliki kepala hitam, pipi putih dan paruh merah yang berukuran besar. Burung dewasa mempunyai bulu berwarna abu-abu, perut berwarna coklat kemerahan, kaki merah muda dan lingkaran merah di sekitar matanya. Burung jantan dan betina serupa. Burung muda berwarna coklat.

Burung ini endemik dari Indonesia dan di alam ditemukan di hutan padang rumput, sawah dan lahan budidaya di Pulau Jawa dan Pulau Bali. Sekarang, spesies ini dikenali di banyak negara di seluruh dunia sebagai burung hias.

Keindahan warna bulu dan suara yang ramai membuat para oknum menjaring burung ini di alamnya. Sungguh sangat disayangkan.

Selain menemukan Gelatik Jawa , kita dapat menemukan 9 macam jenis burung yang masih dapat di lihat di Alun – alun Kota Malang hingga Balai Kota Malang  seperti:
1. Bondol Peking  (Lonchura punctulata)
2. Burung Gereja Erasia  (Passer montanus)
3. Kacamata Biasa  (Zosterops palpebrosus)
4. Merbah Cerukcuk  (Pycnonotus goiavier)
5. Bondol Jawa  (Lonchura leucogastroides)
6. Tekukur Biasa  (Streptopelia chinensis)
7. Uncal Buau  (Macropygia emiliana)
8. Cinenen Kelabu  (Orthotomus ruficeps)
9. Cucak Kutilang  (Pycnonotus aurigaster)

Status Konservasi Gelatik Jawa
Kerajaan : Animalia
Filum       : Chordata
Kelas       : Aves
Ordo        : Passeriformes
Famili       : Estrildidae
Genus      : Padda
Spesies    : P. oryzivora

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: